THIS YEAR WHERE WE ONLY HANDLE SMALL ORDER SINCE STOCK IS LIMITED

Sunday, February 10, 2008

Musim Hujan : Berkahnya Petani & Peternak

Hujan yang cukup rutin pada 3 minggu terakhir tentunya memberikan manfaat yang bernilai guna baik bagi petani maupun bagi peternak. Stock rumput yang berlimpah tentunya menjadikan berkah bagi peternak dengan adanya curah hujan yang stabil. Sedangkan bagi petani di mana inilah saat yang tepat untuk bercocok tanam dan memupuk tanaman. Sinergi yang cantik dapat tercipta bagi petani dan peternak manakala datangnya musim penghujan, semoga pengalaman berikut dapat memberikan manfaat:



Terpacu dengan berbuahnya pohon Durian yang ditanam kurang lebih 4 tahun lampau di lahan perkebunan Kami, dilakukan penanaman tambahan pohon Durian sebanyak 100 pohon dengan beragam varietas lokal yang Insya Allah bilamana berbuah nanti akan semakin menambah koleksi buah-buahan yang ada. Tidak perlu khawatir terkait pupuk karena tinggal mengolahnya dari kandang domba.


Pohon Jati tinggi menjulang di lahan perkebunan yang juga diperuntukkan untuk penanaman rumput pakan ternak. Untuk investasi masa depan maka tidak ada salahnya untuk menanam lebih banyak lagi di lahan yang masih memungkinkan sebagai area tanam. Bukan untuk dinikmati kita akan tetapi bekal kehidupan generasi masa depan yang akan menikmatinya. Untuk lahan yang masih baru maka dapat dilakukan secara bersamaan dengan kegiatan penataan lahan. Tampak gambar di atas yaitu penanaman pohon Jati dan kegiatan penataan lahan untuk persiapan tanaman Vanili dengan rambatan berupa pohon Kaliandra di lahan perkebunan.


Pagar hidup yang dapat diciptakan dengan penanaman pohon Cebreng. Daunnya pun nanti dapat dijadikan Pakan Ternak. Tampak gambar di atas kegiatan penataan lahan untuk menciptakan pagar hidup di lahan atas perkebunan. Semoga bermanfaat!

No comments: