SINCE WE HAVE PRODUCTION PROBLEM,THEREFORE WE ONLY ABLE TO HANDLE SMALL DOMESTIC ORDER THIS YEAR,OUR APOLOGY

Wednesday, July 2, 2008

MANFAAT DAUN JATI

Menjadi pertanyaan dalam hati penulis manakala melihat pekerja yang sedang melakukan pendataan diameter pohon Jati di lokasi perkebunan dan peternakan Kami, ”Apakah daun jati bisa dimanfaatkan sebagai kreasi seni?“ pikir penulis ketika mata tertuju kepada daun Jati Jumbo yang sudah mengering dan berserakan di lahan tumpang sari dengan tanaman Vanili. Sebuah hasil penelusuran menarik yang penulis peroleh dari beberapa web, semoga dapat memberikan manfaat:

Bersumber dari Cybertokoh, Pohon pisang selama ini lebih banyak diambil buah dan daunnya. Pisang yang tak berbuah dua kali tersebut, setelah berbuah daunnya diambil, pohonnya lalu ditebang menjadi sampah. Di tangan orang yang memiliki kreativitas, pohon pisang yang sudah kering bisa menjadi kerajinan unik dan memiliki cita rasa seni tinggi. Pelepah pisang, daun hingga batangnya, oleh Mujiyanto dibuat kerajinan tempel. Hasil karyanya sudah menjadi langganan restoran dan hotel-hotel berbintang di Lombok, NTB, bahkan hingga Italia. Tidak itu saja, limbah daun lainnya seperti daun mahoni, daun jati, daun lamtoro, serabut kelapa bagian luar maupun dalam, daun pisang hingga ranting kayu bisa dijadikan karya seni. “Pokoknya daun-daunan yang selama ini dianggap limbah dan cenderung dibakar bisa diolah menjadi kerajinan,” ungkap Mujiyanto. Setelah menjadi kerajinan unik, limbah lebih berharga dari hasil buminya. Menggeluti kerajinan limbah alami ini, sebenarnya bisa mendatangkan keuntungan mengingat bahan bakunya yang gampang didapat. Bersumber dari situs Indosiar,


Indosiar.com, Muara Enim - Pohon jati ternyata memiliki banyak kegunaan, selain batangnya sudah sangat terkenal sebagai kayu bernilai tinggi, daun pohon jati bisa dijadikan bahan pembuat souvenir yang tidak kalah nilainya dengan kayu jati. Di tangan yang seorang kreatif selembar daun pohon jati bisa bernilai puluhan ribu hingga ratusan rupiah. Kreasi souvenir dari daun pohon jati ini antara lain dikembangkan oleh Zamrotin, pemuda asal kota Muara Enim, Sumatera Selatan. Melalui tangan kreatif Zamrotin, daun jati yang selama ini hanya digunakan sebagai sarana pembungkus makanan, bisa menjadi kotak tissue, tempat pensil hingga jam dinding dan miniatur rumah. 

Daun jati yang digunakan untuk membuat souvenir unik ini adalah daun jati yang lebar dan tanpa lubang. Daun jati yang telah memenuhi persyaratan lalu di proses pengawetan dan pengerasan dan dipotong sesuai pola yang diinginkan. Usai proses pemotongan daun jati ditempelkan ke pola yang sudah dibentuk sebelumnya. Sedangkan untuk mempercantik tampilan daun jati, daun jati bisa dihias dengan pernak - pernik dari biji - bijian yang berwarna - warni. Untuk membuat sebuah kotak tissue misalnya, Zamrotin hanya membutuhkan satu lembar daun jati saja. Meski terkesan sederhana, namun kerajinan hasil karya Zamrotin ini mampu dijual dengan harga berkisar antara 25 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Hasil karyanya pun tidak hanya ditemui diwilayah Sumatera Selatan tapi telah menyebar ke sejumlah daerah di Pulau Sumatera.


Pengetahuan Tentang Pohon Jati Jumbo, melihat kenyataan kebutuhan kayu dunia yang semakin meningkat setiap tahun sementara areal hutan di masing-masing negara semakin berkurang, maka dapat diperkirakan beberapa tahun lagi dunia akan semakin sulit memenuhi kebutuhan kayu bermutu. Indonesia khususnya yang beberapa tahun lalu masih merupakan salah satu sentra produksi kayu dunia, kini bahkan sudah mulai kesulitan memenuhi kebutuhan kayu dalam negeri sendiri. Untuk kayu bermutu tinggi, kayu Jati khususnya, dapat diperkirakan akan lebih sulit lagi untuk mendapatkannya, maka dapat dipastikan harga akan semakin tinggi. Indonesia yang letaknya disekitar ekuator, dengan sinar matahari yang cukup intensif dan panjang, ditunjang oleh curah hujan yang cukup dan tanah subur yang masih sangat luas, ditinjau secara komersial penanaman Jati jelas mempunyai prospek yang sangat cerah. Tidak mengherankan, beberapa tahun lalu usaha penanaman Jati secara komersial dibeberapa negara masih menjadi monopoli pemerintah. Kini dengan semakin terbukanya dunia usaha, tersedianya jenis-jenis bibit Jati yang diproduksi melalui kultur jaringan yang sangat unggul, tumbuh cepat dan berkualitas tinggi, khususnya pada JATI JUMBO® akan menghasilkan kayu yang bermutu tinggi dan seragam dalam jumlah besar. Hal ini memperjelas prospek usaha yang lebih cerah. 
Melangsingkan tubuh dengan daun pohon jati? Pohon Jati yang kebanyakan diketahui di Indonesia sebatas pemanfaatan hasil kayunya saja, ataupun daunnya sebagai bahan kerajinan dan pembungkus makanan nasi jamblang khas Cirebon. Bersumber dari situs Philiphine Medicinal Plants, daun dan bunga pohon Jati yang memiliki nama latin Tectona Grandis ini ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan manusia. Banyak hasil penelitian yang menunjukkan manfaat hasil ekstraksi daun Jati untuk kesehatan tubuh manusia dan bahan obat pelangsing tubuh diantaranya, termasuk penelitian ektraksi bunga pohon Jati.

 
India dikenal sebagai negara yang telah memanfaatkan bunga dan daun pohon Jati sebagai bahan obat tradisional. Penelitian yang dilakukan oleh Mahesh S. Krishna dan Jayakumaran Nair A dari Departemen Bioteknologi Universitas Kerala di India, dalam daun jati terkandung antioksidan dan antibakteri yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Pohon Jati sendiri memiliki banyak varietas di dunia, dan khusus obat pelangsing tubuh di mana ekstraksi daun pohon Jati Belanda telah dikenal khasiatnya, pohon Jati Belanda yang bernama latin Guazuma ulmifolia Lamk.


Mencari daerah yang dikenal dengan kerajinan kayu Jati terbaik di dunia? Jepara salah satunya, kota yang terkenal dengan kerajinan ukirannya (Hand made wooden craft), hebatnya, setiap karya dari kayu Jati produksi Jepara adalah dibuat dengan sistem hand made yang dihasilkan oleh tangan-tangan pengrajin seni terampil yang ad di kota itu. Limbah daun Jati sebagai bahan pupuk kompos? Informasi yang didapat dari situs Indo Organic,  daun Jati adalah kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kehidupan mikroorganisme di dalam tanah. Daun Jati yang bermanfaat pula sebagai mulsa dan pembangun zat organik pada tanah.

1 comment:

Khasiat daun alami said...

Sip atas informasinya. Indonesia memang kaya akan tumbuhan yang bermanfaat