OUR APOLOGIZE IF OUR VANILLA STOCK NOT READY TO SELL TODAY,WE WILL BACK TO SALES AFTER PRODUCTION READY.EMAIL.agusramadas@yahoo.co.id

Tuesday, August 5, 2008

KULIT PISANG JANGAN DIBUANG!

Siapa yang tidak mengenal buah Pisang? Pohon Pisang yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita karena Pisang hanya dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Semoga menjadi pengetahuan bermanfaat, buah Pisang yang diketahui kaya akan kandungan vitamin, C, B Kompleks, B6 dan serotonin. Zat ini dari informasi yang penulis peroleh bersumber dari web KapanLagi.com berfungsi sebagai neurotransmitter yang memperlancar fungsi otak, olehkarenanya jika otak Kita mengalami keletihan maka ada baiknya mengkonsumsi buah Pisang.
 

Buah Pisang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain, dan buah Pisang memiliki cadangan energi yang cepat jika dibutuhkan. Berdasarkan cara mengkonsumsinya, buah Pisang ternyata dikelompokkan dalam dua jenis, pertama adalah jenis banana di mana berlaku untuk buah pisang yang bisa dikonsumsi langsung dalam bentuk segar, contohnya pisang ambon, pisang susu, pisang raja, pisang seribu dan pisang sunripe. Kemudian kedua ialah jenis plantain yaitu buah pisang yang baru bisa dikonsumsi setelah diolah terlebih dahulu, bisa itu digoreng, direbus, dibakar ataupun dikolak, contoh pisang plantain misalnya seperti pisang kepok, pisang siam, pisang kapas, pisang tanduk dan pisang uli. Gambar di atas adalah pohon pisang Tanduk yang tergolong jenis plantain. 



Lalu apa hubungannya antara buah Pisang, perkebunan vanilla dan peternakan domba Garut yang Kami kelola? Buah Pisang yang dari banyak hasil penelitian ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan atau campuran dalam pembuatan bio starter alami dan pupuk organik cair, buah Pisang dicampur dengan bahan lainnya seperti buah Pepaya, buah Mangga dan air Kelapa sebagaimana ujicoba yang Kami lakukan di lahan perkebunan. 

 
Pengetahuan yang penulis peroleh dari hasil penelusuran, sehingga menjadikan ketertarikan bagi penulis untuk mengetahui lebih dalam terkait kandungan dalam buah Pisang sehingga bermanfaat sebagai bahan bio starter alami dan pupuk organik.  Tampak gambar di atas persiapan yang dilakukan untuk pembuatan bio starter alami berbahan buah Pisang. Link Video Pembuatan Bio Starter Dari Buah Pisang.

Kandungan gizi buah Pisang lainnya sebagaimana informasi yang penulis dapatkan dari situs Jawaban, dalam buah Pisang matang adalah terkandung 99 kalori, 1,2 gram protein, 0,2 gram lemak, 25,8 miligram karbohidrat, 0,7 gram serat, 8 miligram kalsium, 28 miligram fosfor, 0,5 miligram besi, vitamin A 44 RE, Vitamin B sebanyak 0,08 mg, Vitamin C sebanyak 3 mg dan air sebanyak 72 gram. 

 

Dikarenakan kandungan gizinya, buah Pisang pun memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh manusia, Medicinal Uses of Bananas, diantaranya manfaat buah Pisang untuk penyembuhan anemia, manfaat buah pisang untuk menurunkan tekanan darah, buah pisang yang memulihkan tenaga untuk berpikir, buah pisang yang kaya serat untuk membantu diet, termasuk kulit buah pisang yang dapat digunakan sebagai krim anti nyamuk, membantu sistem syaraf, dapat membantu perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin, stres, mencegah stroke, mengontrol temperatur badan terutama bagi ibu hamil, menetralkan keasaman lambung dan sebagainya. Para peneliti pun saat ini tengah berupaya memproduksi antigen untuk coating virus Hepatitis B dari tanaman pisang, ini disebabkan tanaman pisang secara genetis dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit, mulai penyakit campak, cacar air, penyakit kuning, polio dan dipteri. Manfaat luar biasa dari pohon dan buah pisang!  

 
 
Pernahkah pembaca mengetahui Tepung Gasol Pisang? Buah pisang yang kaya akan kandungan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan zat besi ternyata memiliki keunggulan lainnya di mana kandungan mineral pada buah pisang mudah diserap oleh tubuh, tepung Gasol Pisang adalah tepung yang dibuat dari buah Pisang yang bermanfaat sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi atau MPASI dalam bentuk bubur. Tepung Gasol Pisang yang direkomendasikan sebagai makanan bubur bayi mulai usia 6 bulan sampai dengan 9 bulan sebagaimana contoh produk di atas. Informasi lebih jelasnya dapat menelusur pada Tepung Gasol Pisang Untuk Bubur Bayi.

Pohon pisang dikenal sebagai tanaman serbaguna ibarat pohon kelapa, bersumber dari Aneka Planta, mulai dari bonggolnya, batang pisang, bunga pohon pisang, buah hingga sampai kulit buahnya adalah bisa dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Pati dari bonggol pisang yang ternyata tidak jauh berbeda dibandingkan pati tepung sagu dan tapioka. Kemudian abu yang didapat dari pengeringan bonggol pisang pun jika dicampur dengan air maka bisa dijadikan bahan campuran untuk membuat sabun dan pupuk kalium. Pengetahuan bermanfaat lainnya tentang pohon pisang, bersumber dari Lita Ini Rumahku, batang pohon dan kulit buah pisang adalah sumber potensial pupuk potasium dengan kadar K2O 46-57% basis kering. 




Kulit buah pisang jangan dibuang! Cemilan keripik buah pisang dalam aneka rasa sudah biasa, bagaimana jika ada keripik yang dibuat dari kulit pisang? Berita menarik yang bersumber dari situs Radio Spin, karya mahasiswa Biologi ITS yang membuat keripik dari kulit pisang, siapa sangka jika kulit pisang yang selama ini dibuang ternyata kaya akan kandungan vitamin C, B, kalsium, protein, dan juga lemak sebagaimana penelitian tiga orang mahasiswa ITS dimaksud. Tidak hanya sebatas keripik kulit pisang, pemanfaatan kulit pisang sebagai bahan tepung bolu juga menjadi karya lain dari para mahasiswa ITS tersebut. Karya tiga orang mahasiswa Biologi ITS yang terpilih sebagai salah satu karya inovatif dalam penyaringan untuk “Biological Opus Fair” yang digelar di Plaza dr Angka ITS Surabaya pada tanggal 17 dan 18 April 2008 lalu. 

 
Ada produk kerajinan yang dibuat dari bahan pelepah pisang? Silahkan menelusur pada situs Galeri Kerajinan Pelepah Pisang. Kerajinan tas tangan wanita dengan model yang unik dan berdesain etnik dibuat dari bahan pelepah pisang. Penjelasan situs terkait, tas tangan wanita dari pelepah pisang ini tergolong tas ramah lingkungan yang dikarenakan dibuat dari bahan alami berupa pelepah pisang. Tas Pelepah Pisang yang dibuat dengan sangat teliti oleh pengrajin-pengrajin profesional Yogyakarta dengan model yang mengikuti jaman namun tetap menonjolkan ciri khas etnik. Tidaklah sulit merawat tas pelepah pisang ini, tas hanya perlu dibersihkan dengan sikat halus dan dijemur secara rutin. Kunjungi juga Blog Keripik Pisang Tanduk untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang produk turunan hilir dan manfaat buah pisang. 


Masih ingin mencari informasi lebih banyak tentang Pisang? Mulai dari Budidaya, Pengolahan dan Prospek Pasar? Sebuah buku menarik untuk dimiliki tentang PISANG sebagaimana gambar di atas. Pastinya buah pisang termasuk salah satu jenis buah yang nilai gizinya cukup tinggi. Kandungan vitamin dan mineralnya telah dipercaya mampu menyuplai cadangan energi secara cepat sehingga mudah diserap tubuh ketika dibutuhkan. Dalam hal budi dayanya pun, pisang tergolong jenis tanaman yang mudah tumbuh sehingga tak heran bila tanaman pisang banyak dijumpai di mana saja, baik di pekarangan rumah, pinggir jalan, tepi sawah, atau di kebun-kebun. Di Indonesia, ada ratusan kulivar pisang yang tumbuh subur dan dapat menjadi komoditas yang diandalkan bila dibudidayakan secara tepat. Semoga Bermanfaat! 

No comments: