OUR APOLOGIZE IF OUR VANILLA STOCK NOT READY TO SELL TODAY,WE WILL BACK TO SALES AFTER PRODUCTION READY.EMAIL.agusramadas@yahoo.co.id

Saturday, October 17, 2009

BUNGA VANILLA

LinkShare_234x60
Bunga Vanilla termasuk Biseksual atau Hermaprodit. Bunga Vanilla keluar dari ketiak daun. Rangkaian bunga panjangnya 5 cm sampai 8 cm. Jumlah bunga per tandan bisa mencapai 30 bunga. Bunga bewarna hijau kekuningan, ada yang beraroma wangi dan ada yang tidak. Diameter bunga adalah 10 cm dan tangkainya sangat pendek. Bunga akan muncul manakala tanaman mengalami rangsangan tertentu seperti pemotongan pucuk atau cekaman lingkungan.



Bunga Vanilla tidak bisa menyerbuk sendiri karena Kepala Putik (Stigma) tertutup seluruhnya oleh Lidah Bunga (Rostellum). Penyerbukan harus dilakukan oleh manusia atau bantuan seranggga Melipona Bee. Peristiwa jatuhnya Serbuk Sari (Pollen) di atas Kepala Putik (Stigma) merupakan rangkaian proses reproduksi Bunga Vanilla yang kelak menghasilkan Buah. Cara penyerbukan Bunga Vanilla adalah dengan mengangkat Rostellum yang membatasi bunga Jantan (Anther) dan alat betinanya (Stigma) dengan mengunakan lidi sepanjang 10 cm. Kemudian serbuk sari bunga Jantan (Pollen) diletakkan pada Stigma yang berada di bawahnya.


Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya pekerjaan penyerbukan dapat dilihat dari keadaan bunga setelah 1 - 2 hari. Apabila bunga tetap tinggal dirangkaiannya berarti penyerbukan berhasil dan jika proses penyerbukan gagal bunga akan jatuh. Bila jumlah buah dalam satu tandan sudah cukup (9-12 buah) sebaiknya pekerjaan penyerbukan dihentikan dan sisa bunga yang ada dibuang. Rata-rata satu orang dapat mengawinkan 1000 bunga per hari.

Tertarik mengawinkan Bunga Tanaman Vanilla?

Sekaligus Belajar tentang Teknis Budidaya Vanilla Organik?
Ikuti Program Pelatihan Kami, Vanilla Training Camp,
Biaya hanya Rp. 2.500.000,- per peserta selama 2 hari!
Lokasi Perkebunan Vanilla Organik& Peternakan Villa Domba
Jadwal dapat ditentukan oleh Peserta, Hubungi: agusramadas@yahoo.co.id
Tersedia Paket Tour Kelas Tourism, Silahkan Hubungi Via Email di atas.




Promo Spesial!
Buah Vanilla Kering Organik, 1 Pack Isi 5 Beans
Harga Rp. 50.000,- per pack termasuk Ongkos Kirim untuk Indonesia
Pemesanan Hubungi:
agusramadas@yahoo.co.id, HP. 0815.941.3826



Cara Membuat Saus Vanilla?
Bahan: 200 ml susu cair, 200 ml krim, 1 batang vanilla yang dibelah dan dikerik bagian dalamnya, 2 buah kuning telur, 3 sendok makan gula pasir, 2 sendok teh tepung maizena. Cara membuat: Campur jadi satu susu dan krim, masukan juga vanilla batangnya, didihkan. setelah mendidih angkat dan diamkan + 15 menit untuk menyerap rasa vanilla, kemudian keluarkan batang vanilla. Campur jadi satu kuning telur, gula pasir dan tepung maizena, beri tambahan adonan susu dari panci secukupnya, kocok rata, masukan ke dalam adonan susu, masak kembali diatas api kecil sambil terus diaduk hingga saus mengental.

1 comment:

Asri said...

Semoga semakin banyak obat-obat organik yang dihasilkan dan banyak manfaatnya bagi masyarakat indonesia dan dunia.